Monday, November 17, 2014

Astral Projection dalam pandangan kaidah syar'i.



Menyingkap Hukum Astral Projection


 

Bismillahirrahmanirrahim…………..
Segala puji bagi Allah SWT, pemilik mutlak semua kekuatan yang ada di langit dan di bumi. Shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW, sebagai manusia agung yang diberikan berbagai kemukjizatan dan kemampuan luar biasa oleh Allah SWT.
Astral Projection adalah sebuah aktivitas semi mistik dengan mengandalkan energy yang bersumber dari pemusatan konsentrasi otak, pikiran, dan hati, yang dengannya  dilakukan berbagai kegiatan yang berada di luar batas kebiasaan. Secara sepintas, orang-orang yang percaya dan melakukan Astral Projection juga menggunakan beberapa ayat Al-Qur'an, sebagai dalil yang digunakan untuk mendukung dan membenarkan kegiatan semi mistik yang satu ini. Oleh karena itu, tulisan ini saya susun untuk menjelaskan status Astral Projection dalam pandangan kaidah syar'i.
Berbicara mengenai kekuatan dan kejadian yang luar biasa, Allah SWT. sudah memberikan statement yang sangat tegas bahwa
لاَحَولَ ولاَقُوةَ إلاّ باللّهِ
"Tidak ada kekuatan dan daya upaya, kecuali dengan izin/pertolongan Allah."
 Maknanya yaitu bahwa tidak ada satu pun kekuatan dari mahluk yang bisa diandalkan, melainkan kekuatan tersebut berasal dari Allah SWT. Sisi lain dari potongan ayat ini juga mengandung pernyataan bahwa tidak pula ada kekuatan yang dibenarkan penggunaannya dalam syariat, melainkan kekuatan yang bersumber dan mengandalkan pertolongan Allah SWT.
Mungkin sebagian kaum muslimin akan bertanya, bagaimanakah cara membedakan antara kekuatan yang bersumber dari Allah SWT, dengan kekuatan-kekuatan yang bersumber dari selain-Nya….???
Untuk menjawab hal ini, saya akan paparkan perbedaan antara karakter/ciri khas kekuatan yang bersumber dari Allah SWT, dengan karakter kekuatan yang berasal dari selain-Nya, perbedaan keduannya yaitu:
1) Kekuatan yang berasal dari Allah SWT hanya mengandalkan doa yang didukung oleh sebab-sebab terkabulnya, sedangkan kekuatan yang lain mengandalkan dan meyakini adanya kekuatan yang bersumber dari benda ataupun mahluk lain.
Di sisi inilah Astral Projection mulai kita tebak arahnya, ia mengandalkan kekuatan yang disebut oleh para penggunanya sebagai kekuatan otak, pikiran, dan lain sebagainya. Meskipun sebagian dari mereka tetap juga mengatakan bahwa Astral Projection juga terjadi karena izin Allah SWT. Jika ini alasannya, maka saya katakan bahwa sihir sekalipun juga terjadi karena izin Allah SWT. Karena izin Allah SWT dalam hal ini bukan berarti membolehkannya secara syar'i.  
2)  Kekuatan yang berasal dari Allah SWT tidak dapat dilatih, karena dalam hal ini yang perlu dilatih adalah keyakinan atas pertolongan Allah semata, sedangkan kekuatan yang lain membutuhkan latihan.
3) Kekuatan yang berasal dari Allah SWT tidak muncul kecuali saat benar-benar dibutuhkan.
Sebagai ilustrasi, suatu ketika di tahun 2005 ketika masih di MAN 2 Model Palu, saya tinggal di sebuah mesjid. Jarak kota palu dengan kampung saya adalah kurang lebih 320 KM. Saat itu, handphone masih merupakan barang yang sangat langka. Singkat cerita, suatu ketika saya tiba-tiba butuh dana untuk suatu keperluan sekolah, sementara saat itu di kampung saya belum ada yang namanya telpon rumah, hp, ataupun sejenisnya. Telpon umum hanya ada sekitar beberap kilometer dari kampung saya. Maka saat itu yang saya lakukan adalah mengirim pesan kepada orang tua via bisikan hati agar ortu menelpon, yang dikirim melalui doa. Hanya dalam waktu kurang dari satu hari, orang tua kemudian menelpon saya, dan mengatakan bahwa ada bisikan yang menyampaikan bahwa saat itu  saya sedang butuh untuk ditelpon.
Selain lustrasi di atas, masih banyak ilustrasi lain yang menunjukkan adanya kekuatan yang di luar batas kebiasaan manusia dengan izin Allah SWT dan terjadinya ketika dibutuhkan. Misalnya, ketepatan firasat bagi seseorang yang menjaga dirinya dari dosa-dosa besar maupun kecil, mendeteksi racun dalam minuman dengan basmalah, dan lain sebagainya.  
4) Kekuatan yang luar biasa dapat muncul setiap saat hanya dimiiki oleh orang-orang yang memiliki kedekatan dengan Allah.
Melalui uraian 4 karakter kekuatan yang bersumber dari Allah SWT di atas, silahkan dilakukan analisis mengenai status hukum Astral Projection, apakah ia memiliki karakter di atas atau tidak.
Melalui tulisan ini, saya juga ingin menyampaikan kepada seluruh kaum muslimin bahwa benda atau hal apapun yang diyakini menimbulkan atau memiliki kekuatan tertentu, maka benda tersebut akan terlihat dan terasa seolah-olah memiliki kekuatan sebagaimana yang diyakini tersebut. Misalnya seseorang percaya bahwa sebuah jimat yang berbentuk sebuah batu dapat melariskan dagangan, membuat kekebalan terhadap senjata tajam, dan lain sebagainya. Maka batu tersebut seolah-olah akan melahirkan kekuatan yang dimaksud. Dalam hal ini, syaitanlah yang diberi hak prerogatif untuk menimbulkan kekuatan pada benda tersebut, dibantu dengan pasukannya yang berasal dari golongan jin maupun manusia dengan tujuan utama adalah untuk menyesatkan manusia. Meskipun terkadang hal ini terkadang sangat sulit untuk diidentifikasi, Inilah yang saya sebut sebagai unidentified power supplier yaitu sebuah pensuplai kekuatan yang tidak teridentifikasi. Hal ini karena dunia sihir modern juga mulai menggunakan istilah-istilah modern yang membuat samar hakikat sihir sebenarnya yang mereka lakukan.
Untuk lebih jelas, silahkan baca dan pelajari pula mengenai sejarah kemunculan dan penemu Astral Projection, hal ini akan sangat membantu menyingkap dan mengetahui siapa dan apa sebenarnya latar belakang lahirnya Astral Projection.
Silahkan baca kembali http://dananghomepage.blogspot.com/p/astral-projection.html untuk memahami tekniknya, dan silahkan baca http://adhyvisionerz.blogspot.com/2012/08/astral-projection-menurut-pandangan.html untuk melihat beberapa penyimpangan dalam fungsi penggunaan astral projection.
Semoga Allah SWT menjaga kita, keluarga dan masyarakat kita dari melakukan sesuatu yag bertentangan dengan syariat, dan menyingkap kepada kita hal-hal syubhat di dunia modern yang di balik kemasan dan tampilan menariknya mengandung berbagai tipu daya. Wallahu A`lam
Bolano (Sulawesi Tengah), Sabtu, 8 Juni 2013 Pkl.09:18 Pagi/WITA (Waktu Indonesia Tengah)
Khadim Al-Qur'an wa As-Sunnah
Aswin Ahdir Bolano
http://aktivis-dakwah.blogspot.com/2013/06/menyingkap-hukum-astral-projection.htmlhttp://aktivis-dakwah.blogspot.com/2013/06/menyingkap-hukum-astral-projection.html

No comments:

Post a Comment