Tuesday, July 3, 2012

Siapa yang bersabar maka ia akan beruntung..

 
 
 
 
Man Shabara Zhafira

Man shabara zhafira, Ya sebuah pepatah dalam bahasa arab yang mengandung arti luar biasa, yaitu siapa yang bersabar maka ia akan beruntung.

Ingatlah saudara-saudariku, Allah tidak akan menguji Hambanya melebihi kemampuan hambanya.”Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS Al Baqarah [2] : 286).

Jadi, bersabarlah karena orang-orang yang sabar Insya Allah akan mendapat rahmat dari Allah dan mendapat petunjuk atas masalah yang dihadapi.

Baca dan pahamilah firman Allah SWT dibawah ini : ↓
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah [2] : 155-157).

Ambilah hikmah dalam setiap cobaan yang kita alami, sesungguhnya ketika mendapat ujian dari Allah, Allah akan menghapuskan perbuatan buruk dan mengampuni dosa kita. seperti yang tertulis dalam hadist dibawah ini.

“Sesungguhnya pahala yang besar itu, bersama dengan cobaan yang besar pula. Dan apabila Allah mencintai suatu kaum maka Allah akan menimpakan musibah kepada mereka. Barangsiapa yang ridha maka Allah akan ridha kepadanya. Dan barangsiapa yang murka, maka murka pula yang akan didapatkannya.” (HR. Tirmidzi, dihasankan al-Albani dalam as-Shahihah [146])

MasyaAllah betapa mulianya sebuah “kesabaran”

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan ganjaran/pahala mereka tanpa batas.” (Az Zumar: 10)

“Tidaklah seseorang mendapatkan pemberian yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bersabarlah saudara-saudariku, jangan mengeluh atas musibah atau ujian yang kita alami, jadilah orang yang beruntung. Ingat bahwa Allah Ta'ala tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya 
~ Saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran

No comments:

Post a Comment