Monday, February 28, 2011

RUMAH SEHAT

Istilah Rumah Sehat sebagai pengganti kepada Rumah Sakit...


Dr. Mohammad Ali Toha Assegaf *

Pengkaji Kedokteran Nabi SAW

Rumah sehat adalah rumah tempat dimana seseorang ingin menjadi sehat atau bertambah sehat . Biasanya jika seseorang mengalami gangguan kesehatan maka ia akan pergi ke tempat-tempat pelayanan kesehatan yang dalam masyarakat kita disebut rumah sakit atau klinik-klinikkesihatan . Banyak dari mereka yang mendambakan diri menjadi sehat di rumah sakit, namun jika saya boleh menekankan di sini bahwa untuk menjadi sehat seharusnya orang pergi ke rumah sehat dan bukan sebaliknya ke rumah sakit .

Seperti kita ketahui bahwa kita menyebut tempat perawatan orang sakit sebagai rumah sakit adalah karena kita mengikuti orang Belanda yang menyebut hospital sebagai zieken huis . Kenapa demikian saya kurang jelas, padahal jika kita ukur pada kebiasaan dalam bahasa Inggeris rumah sakit adalah “hospital” yang artinya memang rumah perawatan. Bahasa Arab adalah yang lebih tepat dalam hal ini, mereka menyebutnya “musytasyfah” yang artinya rumah sehat atau tempat penyehatan.

Demikian besarnya pengaruh penyebutan “hospital” maupun “musytasyfah” maupun rumah sehat itu bagi pesakit akan memberi dorongan/semangat kepada pesakit bahwa dia datang ketempat itu untuk menyehatkan badannya .

Di rumah sehat, jika kita sakit akan disehatkan, di rumah sehat, orang yang sehat akan lebih disehatkan .

Ada beberapa aktifitas di rumah sehat yaitu:

Pencegahan penyakit : orang dididik untuk hidup sehat dan diajarkan bagaimana mencegah agar dirinya tidak jatuh sakit .

Pengobatan orang sakit : dengan menggunakan bahan dan cara yang menghindari kecacatan dan mengurangi kemungkinan kesan sampingan dari pengobatan .

Pemulihan kesehatan : yaitu usaha agar orang yang baru lepas dari sakit akan dapat dipulihkan kembali kesehatannya .

Peningkatan kualitas kesehatan : yaitu meningkatkan daya tahan dan kekuatan badan sehingga orang tidak mudah jatuh sakit . Nyata sekali perbedaan rumah sehat dengan rumah sakit yang sekarang banyak terdapat disekitar kita .


Di kebanyakan rumah sakit ada aktiviti yang sama dengan rumah sehat namun pada rumah sakit pelayanan pencegahan – pengobatan – pemulihan – peningkatan kualiti kesehatan dilakukan terpisah-pisah dan seringkali tidak berkaitan antara satu sama lain sehingga pesakit datang ke rumah sakit sering kali datang untuk satu macam aktifiti saja.


Sudah tiba waktunya kita mengubah paradigma rumah sakit menjadi rumah sehat, dan kelihatannya nama rumah sakit harus segera diganti menjadi rumah sehat agar paradigma sehat pari purna.


* Dr. Muhammad Ali Toha Assegaf adalah : ( Penemu Metode Smart Healing, Pra ktisi dan Pengkaji Kedokteran Nabi) Selain Sebagai Derektur Rumah Sakit Persahabatan beliau Pemilik Rumah Sehat Afiat yang berkantor

di JL. Limo Raya no. 3, kompleks Griya Ruko Cinere II, Limo, Depok Tlp. 021-7547291

Cabang :

RSA Ciputat Jl. Kampung Utan (WR.Supratman) No.1, RT.04,RW.04, Ciputat, Tangerang Selatan. Telp. 021 740 2423

sumbar :http://rumahsehatafiat.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment