Thursday, July 28, 2011

Merasa Cukup Dengan Allah Azza wajall






Al Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyyah :

Jika manusia merasa cukup dengan dunia, maka hendaknya engkau merasa cukup dengan Allah Subhanahu wata’ala.

Jika mereka berbangga dengan dunia, maka berbanggalah engkau dengan Allah Subhanahu wata’ala.

Jika mereka merasa tenang dengan orang-orang yang mereka cintai, maka jadikanlah ketenanganmu dengan Allah Subhanahu wata’ala.

Jika mereka berusaha mengenal dan mendekati raja-raja dan para pembesar mereka untuk meraih kemuliaan dan derajat yang tinggi, maka usahakanlah mengenal dan mencintai Allah Subhanahu wata’ala niscaya engkau mendapatkan puncak kemuliaan dan derajat yang tinggi.


Sebagian orang yang zuhud berkata:

“Aku tidak pernah mengetahui ada seorang yang mendengar tentang surga dan neraka kemudian waktu yang dia miliki tidak dia gunakan untuk mentaati Allah Subhanahu wata’ala, berdzikir, sholat, membaca al-Qur’an atau berbuat baik.”

Lalu seorang lelaki berkata kepadanya, “Sesungguhnya aku banyak menangis.”

Orang zuhud tadi berkata,

"Sesungguhnya jika engkau tertawa sedangkan engkau mengakui kesalahanmu, maka hal itu lebih baik dari pada engkau menangis namun engkau mengungkit-ungkit amalanmu. Karena orang yang suka mengungkit amalannya, maka amalannya tidak akan naik melampaui kepalanya.”

Maka lelaki tadi berkata, “Berikanlah aku nasihat.”


Orang zuhud itu berkata,

“Tinggalkanlah dunia untuk ahli dunia, sebagaimana mereka meninggalkan akhirat untuk ahli akhirat. Jadilah engkau di dunia ini seperti lebah, jika engkau makan, engkau makan sesuatu yang baik, jika engkau memberi makan, engkau memberi makan sesuatu yang baik dan jika engkau jatuh di suatu tempat, engkau tidak akan merusak dan merobeknya.

[Dinukil dari kitab Al Fawaaid Penulis Al Imam Ibnu Qoyyim Al Jauziyyah Rahimahullah, cetakat Daarul ‘Aqiidah halaman 113]

Sumber :Sunniy Salafy


No comments:

Post a Comment