Monday, July 25, 2011

Indonesia Masuk Ciri-ciri Negara Gagal

Nasional




BERITA - BERITA NASIONAL
Sabtu, 16 Juli 2011

PolitisIndonesia Masuk Ciri-ciri Negara Gagal  i Hanura, Akbar Faisal, menilai Indonesia saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan negara Indonesia memiliki ciri sebagai negara gagal.

"Ciri-ciri negara gagal itu ada lima paling tidak, dan semua itu sudah ada di negara ini sekarang," ujar Akbar saat diskusi Polemik Trijaya, dengan tema 'Ironi Negeri Ini' di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (16/7/2011).

Menurut Akbar, ciri pertama negara gagal adalah tidak ada jaminan keamanan yang diberikan oleh pemerintah. Saat ini teror, kekerasan, terjadi di mana-mana yang menegaskan pemerintah tidak bisa menjamin rasa keamanan.

"Ciri kedua negara gagal, adalah pemerintah tidak bisa menyediakan kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya. Ciri ketiga, korupsi dilakukan oleh lembaga yang seharusnya memerangi itu," terangnya.

Banyaknya hakim yang justru tertangkap oleh aparat penegak hukum karena melakukan korupsi adalah ironis menurutnya. Hakim sesnya menjadi garda terkuat dalam pemberantasan korupsi.

"Ciri berikutnya seringnya terjadi bentrokan horizontal. Bentrokan antar warga atau masyarakat, saat ini menjadi sering terjadi. Dan ciri terakhir adalah hilangnya kepercayaan masyarakat di semua lini. Tidak saja pemerintah, tetapi kepada DPR, penegak hukum, semua tidak lagi dipercayai," imbuhnya.

Hery Winarno - detikNews

Linksumber:

artikel berkaitan :rejim yang bobrok

No comments:

Post a Comment