Friday, April 13, 2012

Tiga Muslim Ditembak Mati Setelah Pulang Shalatdi Patani Thailand Selatan PATANI, THAILAND SELATAN (voa-islam.com)








Tiga Muslim Ditembak Mati Setelah Pulang Shalat di Patani Thailand Selatan

PATANI, THAILAND SELATAN (voa-islam.com) - Tiga orang Muslim ditembak mati saat mereka meninggalkan sebuah masjid di Patani pada Rabu malam.

Tiga Muslim penduduk desa itu tewas ketika pria bersenjata melepaskan tembakan pada mereka saat mereka meninggalkan masjid setelah shalat di distrik Panare Patani.

Letnan Kolonel Polisi Manit Panthong, kepala forensik polisi Patani, mengatakan, 16 selongsong peluru senapan serbu AK-47 ditemukan dari depan masjid di Ban Na Phrao di Tambon Panare.

Serangan itu terjadi sekitar pukul 09:40 malam.

Sebuah truk pick-up yang diparkir di dekat masjid dan dua rumah di sekitarnya juga terkena peluru AK-47, katanya.

Polisi masih menyelidiki peristiwa ini, namun pada mulanya mereka menyalahkan para pejuang Muslim untuk insiden ini.

..pihak berwenang biasanya selalu menyalahkan pejuang Muslim bayangan untuk setiap serangan yang terjadi, termasuk juga serangan dan pembunuhan yang menimpa umat Muslim. Namun, penduduk Muslim lokal menyebut bahwa banyak dari pembunuhan itu dilakukan oleh warga Buddha atau polisi dan tentara Thailand, yang dikenal dengan nama skuad kematian pemerintah..

Tuduhan ini merupakan hal yang biasa terjadi, sebab meski masih dalam penyelidikan pihak berwenang biasanya selalu menyalahkan pejuang Muslim bayangan untuk setiap serangan yang terjadi, termasuk juga serangan dan pembunuhan yang menimpa umat Muslim. Namun, penduduk Muslim lokal menyebut bahwa banyak dari pembunuhan itu dilakukan oleh warga Buddha atau polisi dan tentara Thailand, yang dikenal dengan nama skuad kematian pemerintah.

Lebih dari 5.000 orang telah tewas dan lebih dari 8.400 terluka di tiga provinsi perbatasan selatan dan empat distrik di Songkhla sejak kekerasan meletus pada Januari 2004, menurut Deep South Watch lembaga yang memantau konflik di ujung Selatan.

Bulan lalu, sebanyak 56 orang tewas dan 547 cedera dalam kekerasan terkait perjuangan pemisahan diri umat Muslim dari pemerintahan Budha Thailand di wilayah tersebut. (by/bp)

Sumber :http://www.voa-islam.com/news/world-world/2012/04/13/18645/tiga-muslim-ditembak-mati-setelah-pulang-shalat-di-patani-thailand-selatan/

No comments:

Post a Comment