Wednesday, December 19, 2012

LIHATLAH DI SEKELILING KITA MANUSIA YANG JAHIL (BODOH) DARI AGAMA


LIHATLAH DI SEKELILING KITA MANUSIA YANG JAHIL (BODOH) DARI AGAMA

Apabila kita mau memperhatikan tata cara kehidupan beragama saudara-saudara kita kalangan umat islam yang berada disekitar kita dewasa ini sungguh sangat memprihatinkan.

Karena begitu maraknya perilaku berkembangnya ajaran-ajaran sesat dan menyimpang, perbuatan syirik dan bid’ah dan berbagai kerusakan dalam agama yang dilakukan oleh orang-orang dalam keseharian mereka .

Mereka tersebut beranggapan bahwa apa yang dikerjakan tidak lain adalah untuk memperoleh kebaikan semata dan samasekali bukanlah hal yang terlarang dalam agama.

Betapa banyak orang-orang yang mengikuti ajakan syetan sehingga dengan senang hati mengikuti ajaran-ajaran sesat dan menyimpang dari syari’at

Betapa banyaknya mereka-mereka yang mengaku sebagai muslim yang taat dalam melakukan ibadah tetapi juga tidak pernah meninggalkan perbuatan melestarikan tradisi warisan leluhur yang penuh dengan kesyirikan.

Betapa banyak mereka-mereka ahli ibadah dalam menunaikan ibadah-ibadahnya bercampur dengan perbuatan bid’ah yang bukan bersumber dari as-Sunnah Rasul, melainkan mereka peroleh dari meniru-niru atau mengikuti perkataan para Habib dan kiayi yang tidak didasari oleh dalil yang dapat dipertanggung jawabkan.

Betapa banyak sekarang ini saudara-saudara kita umat islam dalam tingkah laku kehidupannya sehari-hari meniru-niru, mencontoh atau mengikuti tingkah laku dari kaum non muslim, seperti mengadakan peringatan hari ulang tahun kelahiran, merayakan dan menyambut tahun baru ( masehi maupun hijriyah ).

Fenomena perilaku kehidupan seperti yang digambarkan tersebut merupakan kerusakan yang umumnya dilakukan oleh mereka-mereka yang masih awam terhadap agama, dimana kondisi yang sedemikian tidak saja dijumpai dikalangan masyarakat yang masih rendah tingkat pendidikannya, tetapi juga dijumpai pada sebagian kalangan yang berpendidikan menengah maupun berpendidikan tinggi.

Bahkan juga terdapat dikalangan para Habib2 dan kiayi serta mereka-mereka yang mengaku sebagai tuan guru.

Bodoh Dari Ilmu Agama

Sangat disayangkan, ternyata bahwa masih banyak diantara umat islam yang tidak mengambil manfaat dari apa-apa yang ditinggalkan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam berupa ilmu yang terkandung dalam sunnah beliau sebagai syari’at agama islam.

Karenanya tidaklah sebagai hal yang mustahil apabila kebodohan akan agama menjadikan banyak orang-orang yang hidupnya jauh dari tuntunan agama.
Jahil ( bodoh ) dari ilmu agama akan menimbulkan beberapa dampak negatif antara lain “

Pertama :Jahil (bodoh) terhadap agama menyebabkan orang tidak mengenal atau mengetahui bahwa al-Qur’an sebagai satu-satunya kitab yang diwahyukan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam sebagai sumber segala sumber hukum dalam islam yang dijadikan patokan utama dalam agama islam.

Al-Qur’an dengan segala kesempurnaannya merupakan patokan bagi setiap kaum muslimin dalam menjalankan berbagai kepentingan dunia dan akhiratnya agar diridhai Allah.

K e d u a : Orang-orang yang jahil (bodoh) terhadap agama tidak akan mengenal dan mengetahui bahwa sumber hukum dan tuntunan beragama yang kedua berupa As-Sunnah Rasululllah shalallahu’alaihi wa sallam.

As-Sunnah Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam yang bersumber dari perjalanan hidup, sebagai contoh apa yang dikerjakan oleh beliau baik dalam bentuk ucapan/perkataan, perbuatan dan sikap hidup dalam keseharian.

Dimana As-Sunnah sebagai bentuk penjelasan dari Al-Qur’an, sedangkan As-Sunnah itu sendiri merupakan wahyu, karena apa yang diperbuat oleh Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam tidak lain datangnya dari Allah, dan perjalanan hidup beliau senantiasa berada dalam bimbingan Allah sehingga terhindar dari salah. As-Sunnah itu tiada lain adalah bagian dari ketentuan syari’at yang wajib dijadikan dasar hukum dalam beragama.

K e t i g a : Karena kejahilan ( kebodohan) akan agama banyak orang yang tidak begitu mengenali aqidah islam . Sehingga mereka tidak mengenal tauhid (mengesakan Allah) yang meliputi tauhid rububiyah yaitu mengesakan Allah dalam perbuatan-Nya, yaitu menciptakan, member rezeki, menghidupkan dan mematikan.

Tauhid uluhiyah yaitu mengesakan Allah dalam setiap perbuatan seorang hamba Allah, yang artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Dzat yang berhak menerima berbagai macam ibadah baik secara zahir maupun bathin.

Sedangkan tauhid yang ketiga adalah mengimani Asma’ dan Sifat Allah. Dengan adanya pengetahuan tentang aqidah islam maka tidak akan ada perbuatan syirik sebagai mana yang banyak dilakukan oleh kaum muslimin yan g dalam kesehariannya mereka telah melakukan berbagai kegiatan, seperti meminta pertolongan dan perlindungan kepada selain Allah, memberikan persembahan berupa sesajen kepada makhluk halus, datang kekubur wali-wali dan orang-orang shalih yang dikeramatkan untuk meminta pertolongan.

Datang ke dukun dan paranormal serta tukang sihir untuk berbagai keperluan dan lain sebagainya. Karena banyaknya umat yang bodoh tentang ilmu aqidah, maka mereka hanyut dalam kesyirikan sedangkan kesyirikan merupakan perbutan dzalim, sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah subhanahu

“Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfa'at dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah; sebab jika kamu berbuat (yang demikian), itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim". ( QS. Yunus : 106 )

K e e m p a t : Karena kebodohan tanpa ilmu maka banyak diantara kaum muslimin yang tidak mengetahui bahwa syirik itu merupakan dosa yang tidak diampuni Allah sebagaimana yang tersebut dalam Firman-Nya :

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu)dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.” ( QS.

K e l i m a :Kejahilan ( kebodohan ) akan ilmu agama menyebabkan banyak orang yang melakukan perbuatan yang mengada-ada (bid’ah ) yang tidak bersumber dari tuntunan syari’at, baik tuntunan Al-Qur’an maupun As-Sunnah.

Karena seperti kebanyakan yang dilakukan oleh sebagian kaum muslimin dewasa ini sebagai akibat jauhnya dari ilmu syari maka mereka jauh dari tuntunan as-Sunnah, mereka mengikuti apa saja yang dikatakan orang-orang jadi panutan mereka seperti para Habib, ustadz, kiayi, guru-guru mengaji meskipun sebenarnya apa yang disampaikan mereka tersebut tidak berdasarkan dalil/nash yang dapat dipertanggung jawabkan.

Ujung-ujungnya tanpa disadari banyak umat islam ini meninggalkan sunnah dan lebih mencintai perbuatan bid’ah yang jauh dari tuntunan. Sedangkan bid’ah itu sendiri terlarang dalam agama sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam :

"Aku wasiatkan kepada kalian untuk (selalu) bertaqwa kepada Allah, mendengar dan ta'at meskipun terhadap seorang budak habasyi, sesungguhnya siapa saja diantara kalian yang hidup akan melihat perselisihan yang sangat banyak, maka jauhilah oleh kalian perkara-perkara yang dibuat-buat, karena sesungguhnya hal itu merupakan kesesatan.

Barangsiapa diantara kalian yang menjumpai hal itu hendaknya dia berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah para Khulafaur Rasyidin yang mendapat petunjuk, gigitlah sunnah-sunnah itu dengan gigi geraham."

K e e n a m : Tanpa menguasi ilmu syari’ maka setiap muslim tidak dapat mengetahui bahwa rujukan dalam melakukan ibadah itu selain Al-Qur’an adalah As-Sunnah berupa hadits Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam yang shahih.

Karena tanpa pengetahuan banyak kalangan yang tidak memahami hadits-hadits yang shahih, dha’if dan ma’udhu. Karena ketiadaan ilmu pengetahuan tentang hadits banyak orang-orang yang beribadah tanpa dilandasi hadits yang shahih. Tentang hadits ini imam Bukhari meriwayatkan :

Shahih Bukhari 831: Telah menceritakan kepada kami 'Ali bin 'Abdullah bin Ja'far berkata, telah menceritakan kepada kami Harami bin 'Umarah berkata, telah menceritakan kepadaku Syu'bah dari Abu Bakar bin Al Munkadir berkata, telah menceritakan kepadaku 'Amru bin Sulaim Al Anshari berkata, "Aku bersaksi atas Abu Sa'id Al Khudri ia berkata,

"Aku bersaksi atas Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: "Mandi pada hari Jum'at merupakan kewajiban bagi orang yang sudah bermimpi (baligh), dan agar bersiwak (menggosok gigi) dan memakai wewangian bila memilikinya." 'Amru berkata, "Adapun mandi, aku bersaksi bahwa itu adalah wajib. Sedangkan bersiwak dan memakai wewangian -dan Allah yang lebih tahu- aku tidak tahu ia wajib atau tidak, tapi begitulah yang ada dalam hadits."

K e t u j u h : umat muslim tidak atau kurang mengusai ilmu syar’i, maka kebanyakan kalangan umat islam banyak yang melalaikan berbagai perintah-perintah yang diwajibkan untuk ditunaikan oleh seorang hamba Allah. Akibatnya banyak perintah-perintah wajib dari Allah dan Rasul yang ditinggalkan/tidak dikerjakan.

Padahal dalam al-Qur’an tercantum sebanyak 108 bentuk perintah. Banyaknya umat islam tidak mengetahui perintah yang diwajibkan dalam al-Qur’an yang mesti ditaati, sehingga mereka telah meninggalkan ketaatan kepada Allah. Sedangkan ketaatan dan kepatuhan hamba kepada Allah merupakan kewajiban sebagaimana firman Allah :

Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir". ( QS. Ali Imran : 3 )

K e d e l a p a n : kurangnya pengetahuan sebagian besar umat islam akan ilmu syar’i, banyak sekali pelanggaran atas larangan yang harus dijauhi dan ditinggalkan. Sehingga banyak hal-hal yang seharusnya terlarang dalam syari’at islam mereka lakukan tanpa beban. Akibatnya karena kebodohan mereka telah berbuat dosa.

Padahal dalam al-Qur’an disebutkan sebanyak 59 ayat larangan. Sebagai contoh dalam Surah al-Baqarah ayat 188 disebutkan firman Allah Ta’ala :

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.” ( QS. al-Baqarah : 188 )
Selain larangan yang ditetapkan oleh Allah Ta’ala dalam al-Qur’an, Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam juga mengungkapkan larangan-larangan antara lain seperti hadits dibawah
Ini:

Shahih Bukhari 5389: dari Hudzaifah radliallahu 'anhu dia berkata; "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam melarang kami minum dari tempat yang terbuat dari emas dan perak, beliau juga melarang kami makan dari tempat tersebut, memakai kain sutera dan dibaj (kain sutera campuran) serta melarang duduk di atas kain tersebut."

K e s e m b i l a n : Setiap individu muslim yang tidak menuntut ilmu agama akan mudah terjebak dalam kesesatan, sebagaimana yang sering dijumpai pada orang-orang jahil dari kalangan umat islam yang sesat dari ajaran al-Qur’an dan as-Sunnah karena ajakan syaitan baik syaitan dalam bentuk iblis dan syaitan dalam bentuk manusia, yang mengajak untuk meninggalkan risalah yang dibawa Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam.

Hal itu dimungkinkan terjadi karena kebodohan mereka atas agama Allah, mereka tidak memiliki pengetahuan yang dapat membentengi dari ajakan orang-orang tersesat. Allah subhanahu wata’ala berfirman :

“Mengapa kamu tidak mau memakan (binatang-binatang yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memakannya. Dan sesungguhnya kebanyakan (dari manusia) benar benar hendak menyesatkan (orang lain) dengan hawa nafsu mereka tanpa pengetahuan. Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah yang lebih mengetahui orang-orang yang melampaui batas.” ( QS.Al- An’am : 119)

K e s e p u l u h : Orang-orang yang tidak atau kurang memiliki pengetahuan agama, tidak memiliki rasa takut kepada Allah. Sehingga dengan tidak adanya rasa takut yang dimilikinya, mereka tidak begitu tunduk dan taat dalam menjalankan segala perintah yang diwajibkan serta meninggalkan segala yang dilarangan, dan ini telah disinyalir oleh Allah sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya :

“Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan je- nisnya).

Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba- Nya, hanyalah ulama Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” ( QS. Faathir : 35 )

Kewajiban takut manusia kepada Allah Subhanahu wata’ala juga disebutkan Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam dalam sabda beliau :

Shahih Muslim 1712: "Ada tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan Allah, pada hari dimana tidak ada naungan selain naungan-Nya. Yaitu; Seorang imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah, seorang laki-laki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah yang mereka berkumpul karena-Nya dan juga berpisah karena-Nya, seorang laki-laki yang dirayu oleh wanita bangsawan lagi cantik untuk berbuat mesum lalu ia menolak seraya berkata, 'Aku takut kepada Allah.'

Dan seorang yang bersedekah dengan diam-diam, sehingga tangan kanannya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kirinya. Dan yang terakhir adalah seorang yang menetes air matanya saat berdzikir, mengingat dan menyebut nama Allah dalam kesunyian."

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; yakni serupa dengan hadits Ubaidullah, dan ia juga mengatakan; "Dan seorang laki-laki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, bila ia keluar darinya hingga ia kembali."

K e s e b e l a s :. kejahilan ( kebodohan ) terhadap ilmu syar’i menyebabkan banyak umat islam melakukan berbagai kemaksiatan dan kemunkaran secara terbuka dan terang-terangan tanpa beban dan tanpa merasa telah berbuat dosa .

Berbagai kemaksiatan dan kemunkaran merebak di mana-mana tak terbendung dan dianggap sebagai hal yang lumrah, padahal andaikan mereka mengetahui bahwa kemaksiatan dan kemunkaran itu sangat dimurkai Allah maka tentunya mereka akan berpikir dua kali untuk melakukannya. Andaikan mereka mengetahui setidaknya ada yang menghalangi mereka dari perbuatan maksiat dan kemunkaran tersebut.

Allah berfirman :

“Bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.”( QS. Al-Qiyaamah : 5 )

Tentang kemaksiatan ini Imam Bukharin rahimahullaah meriwayatkan sebuah hadits :

Shahih Bukhari 1910:”, telah bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: "Yang halal sudah jelas dan yang haram juga sudah jelas. Namun diantara keduanya ada perkara yang syubhat (samar).

Maka barangsiapa yang meninggalkan perkara yang samar karena khawatir mendapat dosa, berarti dia telah meninggalkan perkara yang jelas keharamannya dan siapa yang banyak berdekatan dengan perkara samar maka dikhawatirkan dia akan jatuh pada perbuatan yang haram tersebut. Maksiat adalah larangan-larangan Allah. Maka siapa yang berada di dekat larangan Allah itu dikhawatirkan dia akan jatuh pada larangan tersebut".

Keduabelas :. Banyak diantara umat islam yang berbuat kedzaliman dengan melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan bahkan menyakiti sesama manusia. Semua itu terjadi karena kebodohan mereka akan agama, sehingga mereka mengira bahwa mendzalimi sesama manusia dan sesama mahluk ciptaan merupakan perbuatan yang sah-sah saja tidak melanggar syari’at.

Begitu juga banyak diantara umat islam yang melakukan kedzaliman atas diri mereka sendiri dengan melakukan pelanggaran larangan-larangan dan mengabaikan berbagai perintah agama. Mengenai kedzaliman ini banyak disebut-sebut dalam al-Qur’an, antara lain Allah subhanahu wata’ala berfirman:

“Maka tatkala Allah menyelamatkan mereka, tiba-tiba mereka membuat kezaliman di muka bumi tanpa (alasan) yang benar. Hai manusia, sesungguhnya (bencana) kezalimanmu akan menimpa dirimu sendiri; (hasil kezalimanmu) itu hanyalah keni'matan hidup duniawi, kemudian kepada Kami-lah kembalimu, lalu Kami kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” ( QS. Yunus : 23 )

Ketiga belas : Orang-orang yang jahil ( bodoh) tidak banyak mengerti tentang halal, haram, makruh dan mubah dalam islam sehingga dalam penerepan sehari-harinya terhadap makanan boleh tidaknya suatu zat untuk dikonsumsi.

Padahal Allah subhanahu wa ta’ala telah memberikan peringatan kepada hambanya dengan firman-Nya

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah], daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihan], dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.

Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku.

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni'mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.( QS. Al-Maidah : 3 ).

Pentingnya Belajar Ilmu Agama

Seorang muslim tidak akan bisa melaksanakan agamanya dengan benar, kecuali dengan belajar Islam yang benar berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah menurut pemahaman salafush shalih.

Agama Islam adalah agama ilmu dan amal karena Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam diutus dengan membawa ilmu dan amal shalih. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman

“Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan- Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.” ( QA. Al Fat-h: 28 ).

Yang dimaksud dengan al-hudaa ( petunjuk ) dalam ayat ini adalah ilmu yang bermanfaat. Dan yang dimaksud dengan diinul haqq ( agama yang benar ) adalah amal shalih.

Allah Ta’ala mengutus Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam untuk menjelaskan kebenaran dari kebathilan, menjelaskan Nama-nama Allah, sifat-sifat-Nya, perbuatan-perbuatan-Nya, hukum-hukum dan berita yang datang dari-Nya, serta memerintahkan untuk melakukan segala apa yang berfmanfaat bagi hati, ruh dan jasad.

Beliau melarang umatnya dari perbuatan syirik, Bid'ah, amal dan akhlak yang buruk, yang berbahaya bagi hati, badan, dan kehidupan dunia dan akhiratnya. Cara untuk mendapatkan hidayah dan mensyukuri nikmat Allah adalah dengan menuntut ilmu syar’i.

Menuntut ilmu adalah jalan yang lurus untuk dapat membedakan antara yang haq dengan yang bathil, tauhid dan syirik, sunnah dan bid’ah, yang ma’ruf dan yang munkar, antara yang bermanfaat dan yang membahayakan, Menuntut ilmu akan menambah hidayah serta membawa kepada kebahagian dunia dan akhirat ( Yazid bin Abdul Qadir Jawas dalam lihat Menuntut ilmu jalan menuju surga, Pustaka At-Taqwa, hal 4-5 )

K e s i m p u l a n

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya menuntut ilmu syar’i akan memberikan banyakmanfaat dan keuntungan bagi penuntutnya sedangkan kebodohan (kejahilan ) karena ketiadaan ilmu agama ( syar’i) menyebabkan banyaknya orang-orang tertipu dan lalai terhadap ketentuan agamanya yang diatur oleh yang berhak menetapkan syari’at yaitu dalam hal ini Allah Yang Maha Pengatur melalui firman-Nya yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wasallam, dan diperjelas serta diuraikan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam dengan sunnahnya.

Kebodohan orang-orang atas agamanya, tiada lain dikarenakan kemalasan mereka untuk menuntut ilmu syar’i sebagai ilmu yang bermanfaat yang dapat menyelamatkan diri dari bencana di akhirat kelak. Padahal berbagai kesempatan dan banyak cara cukup tersedia bagi seseorang untuk menuntut ilmu.

Namun semuanya kembali kepada masing-masing individu, maukah mereka menyisihkan waktu dan tenaga serta meninggalkan kegiatan dunia untuk menuntut ilmu. Dan ilmu itu tidak akan datang sendiri tanpa adanya upaya mengejarnya.
( W a l l a a h u a ‘l a m )
~Islam Tegas 
 

No comments:

Post a Comment