Imam
Malik (wafat 179 H) pernah berkata ketika ditanya tentang Syi'ah:
"Jangan kamu bercakap dengan mereka dan jangan kamu meriwayatkan hadits
dari mereka kerana mereka selalu berdusta
(Ibn Taimiyyah, Minhaj As-Sunnah An-Nabawiyyah, jilid 1, halaman 16)
Dari Yunus bin Abdila’la, beliau berkata: Saya telah mendengar
asy-Syafi’i, apabila disebut nama Syi’ah Rafidhah, maka ia mencelanya
dengan sangat keras, dan berkata: “Kelompok terjelek! (terhodoh)”.
(al-Manaqib, karya al-Baihaqiy, 1/468. Manhaj Imam asy-Syafi’i fi Itsbat
al-Aqidah, 2/486)
Imam Syafi'i
(wafat 204 H) berkata: “Saya belum melihat seorang pun yang paling
banyak bersaksi/bersumpah palsu (berdusta) dari Syi’ah Rafidhah.”
(Adabus Syafi’i, m/s. 187, al-Manaqib karya al-Baihaqiy, 1/468 dan Sunan
al-Kubra, 10/208. Manhaj Imam asy-Syafi’i fi Itsbat al-Aqidah, 2/486,
Al-Kifayah, halaman 49, as-Suyuti, Tadrib Ar-Rawi, jilid I, halaman 327)
Imam asy-Syafi’i berkata tentang seorang Syi’ah Rafidhah yang ikut
berperang: “Tidak diberi sedikit pun dari harta rampasan perang, kerana
Allah menyampaikan ayat fa’i (harta rampasan perang), kemudian
menyatakan: Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan
Anshar), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan
saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami”. (Surah
al-Hasyr, 59: 10) maka barang siapa yang tidak menyatakan demikian,
tentunya tidak berhak (mendapatkan bahagian fa’i).” (at-Thabaqat, 2/117.
Manhaj Imam asy-Syafi’i fi Itsbat al-Aqidah, 2/487)
Imam Abu Ya’qub Yusuf B. Yahya al-Buwaithi (murid Imam asy-Syafi’i) pernah bertanya kepada Imam asy-Syafi’i:
“Bolehkah aku bersolat di belakang orang Syiah Rafidhah (sebagai makmum)?”
Imam asy-Syafi’i berkata, “Jangan bersolat di belakang orang Syi’ah, orang Qadariyyah, dan orang-orang Murji’ah.”
Aku bertanya lagi, sebutkan ciri-ciri mereka kepadaku?
Jawab imam asy-Syafi’i, “Sesiapa yang mengatakan Iman cukup dengan
perkataan maka dia adalah pengikut murji’ah. Sesiapa yang mengatakan Abu
Bakr dan ‘Umar bukan imam (khalifah), maka dia Syi’ah Rafidhah. Dan
sesiapa yang mengatakan perbuatan hamba bergantung kepada kehendaknya
semata-mata maka dia adalah pengikut qadariyah.” (adz-Dzahabi, Siyar
A’lam Al-Nubala 10/31)
(Ibn Taimiyyah, Minhaj As-Sunnah An-Nabawiyyah, jilid 1, halaman 16)
Dari Yunus bin Abdila’la, beliau berkata: Saya telah mendengar asy-Syafi’i, apabila disebut nama Syi’ah Rafidhah, maka ia mencelanya dengan sangat keras, dan berkata: “Kelompok terjelek! (terhodoh)”. (al-Manaqib, karya al-Baihaqiy, 1/468. Manhaj Imam asy-Syafi’i fi Itsbat al-Aqidah, 2/486)
Imam Syafi'i (wafat 204 H) berkata: “Saya belum melihat seorang pun yang paling banyak bersaksi/bersumpah palsu (berdusta) dari Syi’ah Rafidhah.” (Adabus Syafi’i, m/s. 187, al-Manaqib karya al-Baihaqiy, 1/468 dan Sunan al-Kubra, 10/208. Manhaj Imam asy-Syafi’i fi Itsbat al-Aqidah, 2/486, Al-Kifayah, halaman 49, as-Suyuti, Tadrib Ar-Rawi, jilid I, halaman 327)
Imam asy-Syafi’i berkata tentang seorang Syi’ah Rafidhah yang ikut berperang: “Tidak diberi sedikit pun dari harta rampasan perang, kerana Allah menyampaikan ayat fa’i (harta rampasan perang), kemudian menyatakan: Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami”. (Surah al-Hasyr, 59: 10) maka barang siapa yang tidak menyatakan demikian, tentunya tidak berhak (mendapatkan bahagian fa’i).” (at-Thabaqat, 2/117. Manhaj Imam asy-Syafi’i fi Itsbat al-Aqidah, 2/487)
Imam Abu Ya’qub Yusuf B. Yahya al-Buwaithi (murid Imam asy-Syafi’i) pernah bertanya kepada Imam asy-Syafi’i:
“Bolehkah aku bersolat di belakang orang Syiah Rafidhah (sebagai makmum)?”
Imam asy-Syafi’i berkata, “Jangan bersolat di belakang orang Syi’ah, orang Qadariyyah, dan orang-orang Murji’ah.”
Aku bertanya lagi, sebutkan ciri-ciri mereka kepadaku?
Jawab imam asy-Syafi’i, “Sesiapa yang mengatakan Iman cukup dengan perkataan maka dia adalah pengikut murji’ah. Sesiapa yang mengatakan Abu Bakr dan ‘Umar bukan imam (khalifah), maka dia Syi’ah Rafidhah. Dan sesiapa yang mengatakan perbuatan hamba bergantung kepada kehendaknya semata-mata maka dia adalah pengikut qadariyah.” (adz-Dzahabi, Siyar A’lam Al-Nubala 10/31)
No comments:
Post a Comment